Sunday, 10 September 2017

Day10 Kenan Mau Setrika, Boleh?

Apa yang Anda lakukan saat anak memaksa ingin menyetrika baju ketika Anda sedang menyetrika baju? Pastilah Anda akan menyuruh anak pergi menjauh karena takut anak terkena setrika yang panas. Itu pun saya lakukan hari ini. Saya beradu argumen dengan Kenan (2,8 tahun) karena ingin menyetrika baju. Saya dengan keras melarang Kenan mendekat. Tetapi yang terjadi Kenan malah memaksa terua mendekat. Akhirnya, Kenan diajak pergi oleh Uti-nya, dan saya melanjutkan setrika baju.

Orangtua dengan keukeuh mengatakan setrika panas berbahaya, sedang anak keukeuh ingin mencoba setrika. Apa yang saya lakukan sudah benar?

Anak meniru apa yang dilakukan orang di sekitarnya. Anak seusia Kenan belum paham jika setrika itu bisa melukainya jika tidak hati-hati menggunakannya. Setelah saya pikirkan lagi, yang saya lakukan kurang tepat. Cara saya beradu argumen dengannya, seharusnya tidak terjadi.

Akhirnya, Kenan mencoba menyetrika bajunya sendiri, tetapi tentu dengan tanpa dicolok pada sambungan listrik. Kenan senang sekali bisa menyetrika bajunya.

Kenan sedang asyik menyetrika (tanpa disambungkan listrik).
Renungan saya:Orangtua seperti saya, terlalu cepat melarang anak melakukan ini dan itu, saya cepat marah pada anak saya karena keingintahuan anak saya pada banyak hal yang dilihatnya. Keingintahuan anak kadang menyerempet pada sikap seakan-akan anak mengganggu kita, padahal anak hanya ingin tahu. Orangtua harus lebih sabar dan cerdas memberikan pemahaman pada anak.Kejadian seperti di atas, bisa terjadi dalam berbagai aktivitas. Rasa keingintahuan anak, membuat anak seperti nakal yang suka mengganggu. Padahal sikap anak ini menunjukkan kepeduliannya pada orang dan lingkungan sekitarnya.

Di usia Kenan saat ini, 2,8 tahun, Kenan selalu ingin dilibatkan dalam berbagai hal yang dilakukan, karenanya sebisa mungkin saya dan semua anggota keluarga melibatkan Kenan. Ketika saya membuatkan susu, Kenan membantu menuangkan air. Ketika ayah mencuci motor, Kenan ikut mencuci motor. Ketika Bunda mau membuang sampah, Kenan membantu membawakan sekantong sampah. Dan, masih banyak lagi kegiatan di rumah yang ikut melibatkan Kenan.

Tidak ada sekolah yang mengajarkan menjadi orangtua yang baik. Orangtua harus belajar terus bersamaan dengan bertumbuhnya anak menjadi dewasa dan tiba waktunya menjadi orangtua. -Paskalina Askalin


#day10 #septemberbercerita #writingchallenge #momwriting #kenanstories #goldenage #anakusiadini #orangtuabijak

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...