Monday, 11 September 2017

Day11 Bercerita

Kenan sudah pandai bercerita. Apa yang dilihatnya kemarin dia ceritakan dengan lancar, walau ada salah-salah pengucapan dan salah yang dimaksud. Jadi kemarin itu, ceritanya Kenan dan Bunda serta Uti (Nenek Kenan/Mama saya), pergi ke Indonesia International Book Fair di JCC Senayan.

Tujuan Bunda ke book fair adalah untuk mengantarkan photobooth membumi yang akan digunakan besok sekaligus mengajak Kenan ke pameran buku. Nah, ketika turun dari bus Transjakarta, photobooth itu ketinggalan untungnya bus belum melaju kencang jadi masih bisa dihentikan. Selamatlah photobooth itu, tidak jadi ketinggalan.

Kembali ke masalah bercerita, Kenan sudah pintar bercerita. Karena pintar bercerita, maka dia semakin banyak bertanya dan saya harus menyiapkan 1000 jawaban yang memuaskan. Mendengarkan cerita Kenan itu membuat saya takjub luar biasa.

Kenan dengan semangatnya bercerita.

Anak-anak tetangga seusia dia, bahkan lebih tua darinya, bicara saja belum lancar apalagi bercerita. Setiap kali pulang bermain dari rumah tetangga, Mama saya (Uti Kenan), begitu bangganya menceritakan jika kemampuan bicara Kenan melebihi anak-anak yang berusia di atas Kenan.
Dengan bangganya saja menjawab, "Pasti berbeda perkembangan bicara Kenan dengan anak lain karena Kenan terbiasa mendengar banyak sekali percakapan dalam cerita yang dibacakan untuknya."

Membacakan buku adalah kegiatan yang merangsang kecerdasan bahasa Kenan. Saya membacakan buku untuk Kenan bukan baru-baru ini. Saya membacakan buku sejak Kenan masih saya kandung. Apa iya, membacakan buku untuk anak ketika masih dalam kandungan bermanfaat untuk merangsang kecerdasan anak? Jawaban tentang manfaat membacakan buku, akan saya bahan ditopik tulisan selanjutnya.

Membacakan buku untuk anak, bisa merangsang kemampuan berbahasa anak. - Paskalina Askalin

#day11 #septemberbercerita #writingchallenge #momwriting #kenanstories #membacakanbuku #membacacerita #bukuanak

No comments:

Post a Comment

Resensi Buku: Belajar Menulis Buku Anak

Judul: Belajar Menulis Cerita Anak Penulis: Arleen A. Penerbit: Erlangga for Kids Tahun: 2018 Tebal: 96 halaman Dalam sebuah pelati...