Wednesday, 13 September 2017

Day12 Kecerdasan Musikal

Tahun 2013 lalu, saya menulis buku aktivitas kecerdasan anak. Buku aktivitas itu terdiri atas 10 macam kecerdasan, yaitu:

1. Kecerdasan bahasa
2. Kecerdasan logis matematis
3. Kecerdasan musikal
4. Kecerdasan naturalis
5. Kecerdasan interpersonal 
6. Kecerdasan intrapersonal
7. Kecerdasan visual spasial
8. Kecerdasan kinestetik
9. Kecerdasan eksistensial
10. Kecerdasan moral


Sepuluh kecerdasan itu pada praktiknya tidak bisa berdiri sendiri. Sepuluh kecerdasan itu saling berkaitan dan mendukung.  Yang ingin saya bahas kali ini adalah tentang kecerdasan musikal.
Kecerdasan musikal adalah kemampuan individu dalam menggubah lagu dan musik, bernyanyi dan bermain alat musik, dan dapat menghargai semua jenis musik, serta memiliki kepekaan yang kuat akan keserasian dan kesadaran universal tentang berbagai pola kehidupan.

Jika saya perhatikan, Kenan memiliki kecerdasan musik yang luar biasa. Kenan suka bernyanyi, suka bersenandung, dan suka mendengarkan musik. Saya tidak heran dengan kecerdasan yang dimiliki Kenan, karena saya merasa kecerdasan musik yang dimiliki Kenan diturunkan dari bapak saya dan dari ayah Kenan. Bapak saya dulu senang sekali menyanyi lagu-lagu bertema kebangsaan, dan Kenan kini menyukai lagu seperti Indonesia Raya dan Hari Merdeka. Bahkan ketika Kenan mendengar lagu Indonesia Raya, Kenan langsung aksi menjadi dirigen.

Saat ini Kenan sudah bisa menyanyikan lebih dari 10 lagu anak-anak, seperti:
- Bintang Kecil
- Pelangi
- Ambilkan Bulan Bu
- Bangun Tidur
- Balonku
- Hujan
- Boneka Baru
- Becak
- Delman
- Burung Kaka Tua

Kepekaan Kenan pada musik juga terlihat pada kebiasaannya mengubah lirik sebuah lagu. Misalnya:  abang tukang bakso, digantinya menjadi abang tukang bubur. Kenan juga suka sekali bersenandung sendiri dengan penuh keceriaan.

Lagu anak-anak yang saat ini bisa dinyanyikan Kenan, bukanlah lagu hafalan. Lagu-lagu itu selalu saya nyanyikan untuk Kenan setiap saat, saat bermain, saat sebelum tidur, dan dimanapun serta kapanmu. Kebiasaan menyanyikan lagu itu rupanya terekam oleh Kenan sehingga sekarang mampu menyanyikan lagu dengan benar.

Kesenangan Kenan pada lagu berdampak pada kesukaannya memainkan alat musik. Belum lama ini, saya membelikan Kenan gitar kecil, dan dengan gaya sok bisa, Kenan beraksi memainkan gitar dan menyuruh saya menyanyi.

Kesimpulan saya, kecerdasan musikal bisa dilatih atau dirangsang sejak dini. Caranya dengan mendekatkan anak kita pada alat musik hingga anak terbiasa dengan suara alat musik. Kemudian biasakan juga mengajak anak mendengarkan berbagai lagu yang dinyanyikan atau melalui rekaman video.

#day12 #septembercerita #momwriter #writingchallenge #kecerdasanmusikal #kecerdasanmoral #kecerdasanmajemuk

Kenan sedang bergitar, bak satria bergitar aja nih...

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...