Thursday, 14 September 2017

Day14 Si Kumbi Anak Jujur

Sejak satu tahun yang lalu, saya membacakan buku si Kumbi untuk Kenan. Si Kumbi adalah tokoh kartun yang menjadi ikon anak jujur yang dibuat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Tiga hari ini Kenan begitu dekat dengan tokoh Kumbi ini. Bahkan Kenan hampir hafal lagunya. Kenan semakin semangat menyanyi karena pernah bertemu dengan badut Kumbi di JCC Senayan ketika mengunjungi Indonesia International Book Fair.

Teks Si Kumbi Anak Jujur

Kenan suka lagu Si Kumbi ini, apalagi lagu dalam video. Video si Kumbi yang begitu sederhana tetapi memiliki pesan cerita yang kuat, membuat Kenan dengan mudah memahami ceritanya. Ini link video si Kumbi yang disukai Kenan.

Video Si Kumbi Anak Jujur, kesukaan Kenan




Tips Membacakan Buku Bergambar
Buku si Kumbi adalah buku bergambar yang penuh warna, sedikit kata-kata. Ketika membacakan buku si Kumbi, sebaiknya orangtua/pembaca berkreativitas untuk menceritakan kembali kisah si Kumbi supaya teks lebih panjang dan anak memahami isi buku atau pesan yang tersimpan.
Buku setebal 32 halaman, jika hanya dibacakan saja tanpa ada penambahan kata dan kalimat secara langsung, akan tidak menarik buat anak. Ketika saya membacakan buku si Kumbi, saya akan menambahkan banyak sekali kata dan kalimat untuk memperjelas cerita.

Kenan dibacakan buku si Kumbi.



No comments:

Post a Comment

Momwriter: Anakku Lanang (1)

"Ayo Bunda. Bunda yang temenin," begitu katanya. Sambil menenteng dummy naskah saya pun mengikutinya ke luar. Dia bermain saya, m...