Friday, 15 September 2017

Day15 Kenan Bermain Corat-coret

Mengenalkan anak pada kertas dan pena, tidaklah salah. Yang penting adalah jangan paksa anak untuk menghafal huruf, jangan paksa anak untuk bisa membaca dan menulis. Di usianya yang masih dini, anak harus berbahagia, bersenang-senang, dan tidak mendapat tekanan apa pun.

Di usia anak yang masih bersenang-senang untuk bermain, dipaksa untuk les baca, les berhitung, les gambar, les vokal, dan masih banyak lagi. Padahal yang dibutuhkan seorang anak hanyalah “bermain dan bersenang-senang”. Ya, bermain yang bukan sekadar bermain, dan bersenang-senang yang bukan sekadar bersenang-senang.

Saya tidak memaksakan Kenan untuk bisa membaca, menghafal huruf, menulis, atau berhitung. Saya mengenalkan Kenan pada huruf dan angka sambil bermain. Jika Kenan tidak suka, saya tidak paksakan. Di lain hari saya akan tawarkan lagi permainan yang berhubungan dengan angka dan huruf.

Kenan sedang bermain dengan kertas dan pena.

Kemarin, saya tertegun ketika menyaksikan Kenan menemukan huruf pada sebuah kata di lemari. “Bunda sama,” kata Kenan sambil menunjuk huruf U pada kata CLUB. Lima belas menit sebelum, saya mengajak Kenan bermain puzzle huruf. Puzzle huruf itu saya beli untuk bermain-main huruf bersama Kenan. Kata kuncinya adalah BERMAIN, jadi saya tidak memaksakan pada Kenan untuk bisa menyusun puzzle huruf dengan benar.

Papan puzzle huruf.

Hari ini saya mengajak Kenan bermain dengan kertas dan pena (spidol/pensil). Sebenarnya, saya sudah mengenalkan kertas dan pena dari dulu, sejak Kenan bisa menggenggam (2 tahun lalu). Corat-coret di kertas menjadi kesenangan Kenan. Bahkan coretannya bisa berpindah di telapak kaki atau tangannya. Kini, Kenan sudah bisa membuat bulatan dengan sempurna. Kenan juga sudah bisa membuat garis-garis.

Ini video Kenan sedang membuat bulatan-bulatan menirukan saya.



Bermain dengan kertas dan pena hanya berlangsung sekitar 15 menit saja. Setelah itu, Kenan bermain dengan mainan, bersepeda ke sana ke mari. Bagi saya, waktu 15 menit begitu berharga, karena saya menemukan hal-hal yang membuat saya takjub dan terpana. Kenan sudah bisa membuat coretan dengan sempurna sesuai dengan instruksi.

Ini video Kenan sedang membuat garis-garis pagar.




#day15 #kenanstories #septembercerita #momwriting #belajarsambilbermain #coratcoret

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...