Tuesday, 19 September 2017

Day19 Kenan Membaca Buku

Sebelum saya menceritakan kisah hari ini, mari simak video ini.

Video youtube Kenan


Hari ini saya dibuat terkagum-kagum oleh aksi Kenan. Apa yang dilakukannya Kenan? Kenan membacakan cerita untuk tantenya dan saya. Wow.. Kenan sudah bisa membaca, luar biasa sekali.

Saya terkejut sekaligus bangga karena yang saya lakukan selama ini tidak sia-sia. Kenan belum bisa membaca, itu pasti, lalu bagaimana Kenan bisa membaca buku. Kenan hanya bergaya seakan-akan  membacakan buku. Kenan bercerita sambil membaca gambar buku yang dipegang.

Saya sering membacakan buku untuk Kenan. Saya juga sering mendongeng banyak cerita untuk Kenan. Kini imajinasinya sudah terlatih, kosa katanya terus bertambah dari hari ke hari. Kenan mampu merangkai kata menjadi kalimat, menyambungkan kalimat demi kalimat menjadi sebuah cerita hasil imajinasi.

Kenan membacakan buku dan bercerita bukan dengan kemampuan membaca. Kenan menggunakan kemampuan berpikir, mengolah imajinasi, dan mengekspresikan apa yang dirasa dan dilihatnya. Cerita atau bacaan yang disajikan oleh Kenan adalah cuplikan-cuplikan cerita yang saya bacakan dan dongengkan.

Sebagai orangtua, saya sarankan pada Anda untuk sering-sering membacakan buku cerita untuk anak Anda. Hasil yang akan dicapai, tidak sekarang, tetapi suatu saat nanti Anda akan terkesima melihat kecerdasan anak Anda.

#day19 #septembercerita #writingchallenge #momwriting #kecerdasan #kenanstories #membacakanbuku #bacabuku #bukuanak #imajinasianak

No comments:

Post a Comment

Sepuluh Fakta tentang Mudik Lebaran

Sepuluh Fakta tentang Mudik Lebaran (1) Orang akan berbondong-bondong mudik ketika hari mudik raya Idulfitri atau Lebaran. (2) Tiga b...