Thursday, 21 September 2017

Day21 Perlukah Mengajarkan Anak Berdoa?

Pasti semua orangtua dan siapa pun menjawab, PERLU. Ya, saya juga setuju, jika kita selaku orangtua atau orang dewasa harus mengajarkan anak untuk berdoa.



Kenan selalu berdoa sebelum makan ketika hendak makan. Kadang malah saya yang lupa untuk mengingatkannya berdoa sebelum makan. Saya sendiri pun suka lupa berdoa.

Berdoa adalah komunikasi antara suatu pribadi dengan Tuhan-nya. Apa pun agamanya, doa merupakan komunikasi manusia dengan Tuhan-nya.
Saat ini Kenan masih berusia 28 bulan, dan belum muncul pertanyaan darinya tentang doa. Ketika diminta berdoa sebelum makan, Kenan akan berdoa. Tanpa bertanya ini dan itu. Tetapi terus terang, saya juga tidak mempunyai jawaban yang tepat ketika Kenan bertanya, "Kenapa harus berdoa, Bunda?" Mungkin jawaban yang terbersit saat ini adalah kita harus berdoa sebagai rasa syukur atas limpahan rejeki yang diberika oleh Tuhan. Saya berharap, nanti suatu saat ketika Kenan bertanya hal ini saya bisa menjawab lebih baik.

Doa Katolik
Sebagai seorang Katolik dan sesuai janji saya di depan altar ketika menerima Sakramen Perkawinan, saya akan mendidik Kenan secara Katolik. Doa-doa yang sudah terbiasa Kenan dengar dan ucapkan adalah Doa Bapa Kami dan Doa Salam Maria

Mengenalkan Kenan pada doa, bukan dengan cara dihafalkan tetapi dengan cara pembiasaan. Terbiasa mendengar dan mengucapkan doa akan memudahkan Kenan memahami doa. Seperti pengalaman bulan Mei 2017. Beberapa kali Kenan ikut acara Doa Rosario bersama. Mendengarkan Doa Salam Maria sebanyak 253 kali membuat Kenan bisa mengucapkan Doa Salam Maria. Walaupun saat doa itu Kenan sibuk dengan aksinya bermain ini dan itu, tetapi telinganya mendengar dengan cermat doa yang diucapkan.

Jangan paksa anak menghafal doa, tetapi ajak anak untuk selalu ikut berdoa, baik dalam lingkup keluarga maupun lingkungan sekitar. Dengan sendirinya anak akan bisa berdoa. -Paskalin Askalin

#day21 #septembercerita #momwriting #kenanstories #writingchallenge #berdoa #doakatolik

No comments:

Post a Comment

Resensi Buku: Belajar Menulis Buku Anak

Judul: Belajar Menulis Cerita Anak Penulis: Arleen A. Penerbit: Erlangga for Kids Tahun: 2018 Tebal: 96 halaman Dalam sebuah pelati...