Saturday, 23 September 2017

Day23 Bermain dan Bermain

Kebahagiaan anak-anak adalah bermain. Setiap hari bermain, setiap saat bermain, saat mandi bermain, bangun tidur lalu bermain, dan sebelum tidur pun bermain. Jadi, memang tepat jika orangtua menerapkan bermacam kemampuan atau karakter pada anaknya melalui bermain.

Hari ini Kenan sedang suka bermain mobil-mobilan yang ukurannya kecil. Mobil ukuran kecil ini sebenarnya kumpulan dari mobil-mobil yang sudah sejak 2 tahun lalu dibeli, karena bahan lumayan awet jadi masih ada wujudnya hingga sekarang.

Kenan punya mobil yang ukuran besar, seperti mobil kontainer, truk pasir, truk-truk kontruksi, dan sebagainya. Pada waktu tertentu mobil-mobilan yang besar akan dimainkan terus-menerus. Setelah bosan berpindah pada mainan lainnya.

Mobil-mobil kecil dijejer di lantai, di meja, hingga ditenteng ke sana ke mari. Bahkan saat mau tidur, mobil-mobilan itu pun di bawanya, ketika bangun tidur langsung ditanyakan dimana mobil-mobilnya. Begitu asyik Kenan memainkan mobil-mobil itu.

Di sela-sela sedang bermain, saya bertanya bermacam-macam pertanyaan pada Kenan:
- Ini mobil apa?
- Mobil ini warnanya apa?
- Kenan sudah pernah naik mobil ini?
- Mobil pemadam kebakaran yang mana?
Dan sebagainya.

Nilai karakter juga saya sematkan pada permainan yang dilakukan Kenan melalui pertanyaan seperti ini:
- Mobil buat Bunda mana?
- Mobil untuk Ayah mana?
- Bunda pinjam mobil pemadamnya, boleh?
Dan sebagainya.

Dalam permainan apapun saya selalu mencoba memberikan nilai edukasi, yang meliputi pengetahuan dan karakter. Saya berharap sedikit apapun yang didapatkan setiap permainan yang dimainkan memberikan manfaat untuk Kenan.

Anak-anak tugasnya hanya bermain dan bermain. Ketika anak belajar, itu sesuatu yang tak terlihat oleh anak tetapi disukainya. - Paskalina Askalin

#day23 #septembercerita #momwriter #writingchallenge #belajarsambilbermain #kenanstories #bundastories

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...