Tuesday, 26 September 2017

Day26 Pengalaman Baru Bersama Mobil Derek

Hari ini ada pengalaman baru buat Kenan. Dia melihat langsung mobil derek. Selama ini Kenan hanya lihat digambar yang namanya mobil derek. Kenan begitu senang melihat mobil derek itu.

Kenan sudah mengenal mobil derek 1 tahun yang lalu melalui sebuah buku berjudul Truk-truk Raksasa. Buku itu saya beli saat Indonesia International Book Fair (IIBF) 2016 di JCC Senayan. Saat itu saya belum berkesempatan mengajak Kenan ke pameran buku karena saya harus jaga stan pameran setiap hari.

Buku Truk-truk Raksasa begitu kena di hati Kenan. Dari sekian banyak truk yang ada di buku itu, Kenan bisa mengulang cerita yang saya ceritakan dari buku itu, yaitu tentang kronologi mobil derek yang menderek mobil mogok.

Kenan: Kenapa supirnya turun?
Bunda: Karena mobilnya tidak bisa jalan.
Kenan: Kenapa tidak bisa jalan?
Bunda: Karena mobilnya mogok.

Saya merangkainya untuk  Kenan:
- Sopir mobil turun, mobilnya tidak bisa jalan karena mogok.
- Lalu datang mobil derek untuk menarik mobil mogok dan dibawa ke bengkel.

Dua kalimat di atas mampu Kenan sampaikan kembali pada ayahnya. Sambil menunjuk gambar pada buku, Kenan ceritakan pada ayahnya tentang mobil mogok yang diderek. Ketika itu usia Kenan belum genap 2 tahun.

Kini ketika usianya 2,9 tahun, Kenan sudah bisa bercerita. Bahkan saking semangatnya bercerita, Kenan bisa mengulang-ngulang cerita hingga beberapa kali. Termasuk tentang pengalaman Kenan melihat mobil derek, Kenan bisa cerita berulang-ulang pada ayahnya yang baru pulang kerja.

#day26 #septembercerita #momwriting #writingchallenge #kenanstories

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...