Friday, 29 September 2017

Day29 Imunisasi MR

Kenan tidak punya pengalaman buruk dengan rumah sakit, klinik, posyandu, atau puskesmas, jadi jika antre untuk berobat di dokter Kenan pasti pengen buru-buru masuk untuk ketemu dokter. Kenan tidak takut sama dokter, tidak takut juga sama obat.

Sekitar dua minggu lalu, 18 September 2017, dengan semangat 45 Kenan  pergi ke posyandu. Hari itu juga akan ada imunisasi MR. Kenan ga ada takutnya sama imunisasi ataupun suntik. Melihat anak-anak seusianya satu per satu nangis karena di imunisasi, Kenan santai saja, malah sibuk makan puding.
Tiba giliran Kenan dipanggil petugas, ditimbang beratnya, diukur tinggi badan, lalu diukur suhu tubuh, eh la dalah...suhu badan Kenan 38°C, itu artinya Kenan tidak bisa diimunisasi MR, ya sudahlah. Akhirnya Kenan pulang dan sorenya berobat ke klinik. Kata dokter ada radang tenggorokan sehingga menyebabkan demam. Imunisasi MR bisa dilakukan di puskesmas jika suhu tubuh Kenan normal.

Nah, siang hari ini Kenan akan imunisasi MR di Puskesmas Pondok Kelapa, jadwalnya jam 13.00-14.00. Dengan semangat 45 Kenan dan saya berangkat ke puskesmas. Ternyata sudah banyak yang antre, Kenan mendapat nomor 25. Sambil menunggu, saya deg-deg karena akan melihat lengan Kenan ditusuk jarum imunisasi, eh Kenan malah pengen cepat-cepat masuk ketemu dokter dan disuntik. Kekhawatiran saya juga takut kalau suhu badan Kenan naik lagi. Dan ketika tiba giliran masuk, dengan sukacita Kenan bergegas masuk tidak ada raut takut sama sekali, malah saya yang deg-degan. Suhu badan normal, dan suntikan pun menancap di lengan Kenan. Meringis pun tidak, usai disuntik Kenan langsung turun dari pangkuan saya dan bergegas keluar ruangan.

Keluar dari ruangan Kenan minta naik tangga. Ketika antre tadi, saya menjanjikan pada Kenan boleh naik tangga setelah disuntik. Alhasil, Kenan langsung menuju tangga di puskesmas, dan naiklah ke lantai atas, turun lalu setelah itu pulang.

Sepanjang perjalanan pulang, saya tanya pada Kenan, "Sakit nggak Ken, sakit nggak?" Kenan malah terkantuk-kantuk, hahaha. Hari ini jam tidurnya terganggu jadwal imunisasi MR. Semoga Kenan dan semua anak Indonesia menjadi generasi anak sehat dan cerdas. Amin.

#day29 #imunisasiMR #septembercerita #momwriting #writingchallenge #kenanstories

No comments:

Post a Comment

Yudadi BM Tri Nugraheny, Penulis Cerita Anak yang Produktif

Menulis cerita anak itu sulit nggak sih ? Pasti bagi ibu satu anak ini, menulis cerita anak itu semudah menulis catatan harian. Saya katakan...