Monday, 4 September 2017

Day4 1 2 3 4 5 Kenan Mengenal Angka

Saya berharap, saya tidak termasuk orangtua yang memaksa anak supaya bisa berhitung di usia prasekolah. Saya juga tidak ingin mengikutsertakan anak saya untuk ikut les baca, les berhitung, diusianya yang masih tepat jika diisi oleh aktivitas bermain dan bermain.

Anak saya, Kenan, saat ini sudah mengenal angka 1 sampai 5, kadang bisa sampai 10 juga, tetapi itu pun masih sering salah menyebutkan. Tetapi bukan masalah bagi saya. Ketika dia salah menyebut angka yang ditunjukkan, tidaklah masalah. Saya tidak perlu memaksanya untuk menghafal ini 1, ini 2, ini 3, dan seterusnya. Saya membiarkannya mengenal sendiri melalui kegiatan bermain yang disukainya.

Setiap Kenan bermain dengan mainannya, saya selalu memasukkan tentang unsur angka dalam permainannya. Misalnya ketika Kenan sedang menyusun mobil-mobilannya, saya akan menanyakan ada berapa jumlah mobilnya. Ketika Kenan bermain boneka hewan, saya menanyakan berapa jumlah kaki jerapah. Sambil bermain Kenan bisa mengenal angka tanpa harus dipaksa untuk menghafalnya.



Hari ini saya menempelkan tulisan angka 1 sampai 5 di dinding. Kadang-kadang di sela-sela sedang bermain, saya mengajaknya bermain dengan angka-angka yang ada di dinding itu. Misalnya, saya memberi instruksi seperti ini: Bunda berdiri di angka 1, ayo Kenan berdiri di angka 5. Kadang Kenan mengikuti instruksi, kadang malas-malasan, sehingga tidak mempedulikan instruksi saya. Ya sudah, saya tidak perlu memaksakan kehendak saya. 

Jadi, saya rasa, orangtua tidak perlu memaksakan anak untuk ikut les calistung. Karena di rumah anak bisa belajar dengan sendirinya, asalkan orangtua mau mendampinginya. – Paskalina Askalin


#day4 #septemberbercerita #writingchallenge #momwriting #kenanstories #belajarangka #calistung

No comments:

Post a Comment

Buku Paskalina Askalin 2012: Seri Anak Rajin Bersih-bersih Bersama di Sekolah

Bulan Agustus 2018 ini saya ingin memperkenalkan karya-karya buku saya yang pernah diterbitkan. Judul: Seri Anak Rajin: Bersih-bersih Bers...