Saturday, 30 September 2017

Day30 Anak adalah Cermin Bagi Orangtua

Ketika ada tamu yang datang, orangtua akan menyuruh anaknya salam (cium tangan) pada tamu yang datang. Ketika akan makan, orangtua mengingatkan pada anaknya untuk berdoa. Ketika diberikan barang oleh seseorang, orangtua kan menyuruh anak mengucapkan terima kasih.

Apakah 1 kali diingatkan anak akan melakukan apa yang dikatakan orangtuanya? Biasanya tidak. Orangtua harus terus-menerus mengingatkan anaknya untuk salam pada orang yang lebih dewasa, doa sebelum makan, atau mengucapkan terima kasih.

Selain peringatan berulang, memberikan contoh nyata pada anak juga perlu. Misalnya tentang ucapan atau ungkapan terima kasih. Kadang-kadang atau bahkan sering, orangtua atau orang dewasa lupa mengatakan terima kasih ketika diberi sesuatu oleh orang lain.

Perihal beribadah atau berdoa pun demikian. Selain, selalu mengingatkan anak untuk berdoa, orangtua juga harus melakukan apa yang diperintahkan pada anak. Jangan kaget, jika kemudian anak yang akan mengingatkan orangtua berdoa sebelum makan.

Anak adalah cermin bagi orangtua. Kesalahan yang dilakukan anak, bisa jadi salah orangtua. Jangan marahi anak karena tidak mau beribadah ke mesjid, atau beribadah ke gereja. Lihat, apakah Anda sebagai orangtuanya pernah mengajak anak ke mesjid, atau bagi yang beragama Katolik, pernahkah mengajak anak Anda ke gereja.

Anak adalah cermin Anda
-Paskalina Askalin-

#day30 #septembercerita #momwriting #writingchallenge #kenanstories #finish

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...