Friday, 3 November 2017

Mobil-mobilan Mainan Anak Laki-laki

Mainan anak laki-laki tidak pernah jauh dari mainan mobil-mobil. Segala macam mobil akan dimainkan oleh anak laki-laki. Ukuran mainan mobilnyanpun bervariasi, dari yang serukuran jempol hingga bisa dinaikin.
Kenan pun suka bermain mobil-mobilan. Kenan punya berbagai jenis mobil. Saya juga dengan senang hati membelikan mobil-mobilan untuk anak lanang. Mobil truk dari ukuran kecil (7 cm) hingga truk yang besar, Kenan punya. Mobil truk kontainer, mobil eskafator, mobil truk angkut mobil, dan masih banyak lagi.
Kenan punya berbagai cara kreatif memainkan mobil-mobilannya. Berikut ini di antaranya:

(1) Mobil macet
Mobil macet ini salah satu cara Kenan bermain mobil-mobilan. Mobil-mobil disusun berderet seakan-akan sedang terjadi kemacetan. Permainan ini cukup menarik perhatian Kenan. Ketika lelah atau bosan dengan suatu permainan, saya sering mengajak Kenan main mobil macet. Saya tidak tahu, apakah Kenan benar-benar paham arti macet. Tetapi setiap kali ayahnya belum pulang, saya bilang macet di jalan. Kenan sepertinya paham maksud saya.

Melalui permianan mobil macet ini saya bisa menyisipkan karakter sabar mengantre.



(2) Truk gandeng
Mobil-mobilan seperti truk dan kontainer diikat, jadi seperti truk gandeng. Ide ini saya munculkan ketika Kenan pagi-pagi sudah minta lihat video di laptop.
"Kenan, ayo buat truk gandeng," kata saya.

Kenan tertarik, dan saya mulai mengikat truk-truk itu hingga menjadi truk gandeng yang panjang, mirip kereta.
Dalam aktivitas ini Kenan bergerak sehingga motoriknya terlatih. Jika saya menyetujui Kenan untuk melihat laptop, Kenan pasti anteng, tetapi motoriknya tidak terlatih. Sebisa mungkin saya mencari permainan yang bisa membuat Kenan tertarik. Walaupun kadang ide permainan saya ini menjadikan saya lebih repot dan tidak bisa mengerjakan hal lain. 



(3) Truk pengangkut mobil
Kenan punya truk pengangkut mobil. Seperti truk yang sebenarnya, truk ini memuat 4 mobil balap, namun mobil balap sudah dilepas, jadilah mobil-mobil kecil Kenan bisa muat diangkut semua. Cara ini Kenan sendiri yang mempunyai ide.



Dunia bermain
Dunia anak-anak adalah bermain, saya tidak mau mengganggu hal itu. Saat ini di usia emasnya adalah waktu terbaik bagi Kenan untuk bermain sepuasnya. Nilai karakter dan pengetahuan menjadi sesuatu yang masuk ke dalam kebiasaan Kenan secara terselubung, tanpa paksaan, dan terjadi secara  alamiah.

Keasyikan bermain  mobil-mobilan terus-menerus akan berubah membosankan jika permainan dilakukan monoton saja. Oleh karenanya, saya harus memberikan ide-ide kreatif buat Kenan.

Kenan sudah mampu membuat permainan kreatif untuk dirinya. Kadang, ide yang saya berikan akan diolah kembali oleh cara Kenan sendiri. Jadi, saya sarankan pada orangtua yang membelikan banyak mainan untuk anaknya, jangan biarkan anak Anda bermain sendiri. Dampingi dia selalu, dan rangsang dia untuk membuat permainan kreatif dari mainan yang dimilikinya.

Ditulis oleh Paskalina Askalin


No comments:

Post a Comment

Resensi Buku: Belajar Menulis Buku Anak

Judul: Belajar Menulis Cerita Anak Penulis: Arleen A. Penerbit: Erlangga for Kids Tahun: 2018 Tebal: 96 halaman Dalam sebuah pelati...