Monday, 29 January 2018

Perjalanan Sebuah Buku

Tulisan ini 100% mengandung curhat
Sebuah buku memiliki kisahnya masing-masing. Seperti buku saya yang satu ini, kisahnya cukup panjang dan lama. Saya sangat sabar menantikan kelahiran buku ini. Walau sebenarnya kesabaran saya sudah mulai rapuh.

Ide awal pembuatan buku ini adalah mengenalkan beberapa tari Nusantara kepada anak-anak sejak dini melalui aktivitas mewarnai. Anak-anak menyukai aktivitas mewarnai dan harapan anak-anak bisa memahami tari Nusantara, paling minimal anak-anak memahami.

Saya mengajukan buku ini ke penerbit dan diterima. Namun, kemudian Sang Editor meminta saya untuk melengkapi naskah itu menjadi 34 jenis tari Nusantara. Itu artinya saya harus menambah naskah itu sehingga buku ini berisi 34 tari dari 34 provinsi di Indonesia. Menurut saya ide Sang Editor sangat bagus sehingga akhirnya saya merevisi buku itu menjadi 34 tari Nusantara.
Revisi penambahan naskah berjalan lancar, demikian pula ilustrasinya. Dalam waktu dua bulan, naskah revisi sudah saya kirimkan pada editor. Kemudian saya menunggu...menunggu...menunggu...

Tiga tahun berlalu...

Saya tidak bisa lagi bersabar untuk menunggu dan menunggu. Saya menelepon redaksi penerbitnya menanyakan status naskah saya yang sudah tanda tangan SPP. Akhirnya ada sebuah kepastian, salah satu editornya menghubungi saya, itu pun bukan editor buku anak. Sampai sekarang saya tidak bisa berkomunikasi langsung dengan editornya. 

Singkat cerita Mbak Editor mengirim pdf naskah 34 Jenis Tari Nusantara, dengan keterangan meminta persetujuan penulis. Hati saya sedikit senang, karena bisa komunikasi dengan editor walau hanya via email.

Dalam lubuk hati yang paling dalam, saya ingin bisa komunikasi via whatsapp atau minimal via sms dengan editornya. Ah tapi rasanya ini hanya mimpi hahahahaha

Sejak pengiriman PDF naskah untuk minta ACC, saya masih menunggu lagi, kurang lebih 8 bulan. Nah minggu lalu, saya mendapat pesan whatsapp dari seorang marketing penerbit yang memasarkan buku saya. Marketing itu menanyakan apakah saya mau membeli buku 34 Jenis Tari Nusantara. Saya terkejut senang sekaligus penuh tanda tanya. Saya belum tahu kalau buku itu sudah terbit dan dicetak.
Ketika akhirnya buku itu terbit, saya mengucapkan terima kasih kepada penerbit dan redaksinya. Saya minta maaf juga jika selama proses, saya begitu cerewet tanya-tanya terus tentang buku ini.

Judul : Buku Aktivitas Anak Mengenal 34 Jenis Tari Nusantara
Penulis : Paskalina Askalin
Ilustrator : Redi
Penerbit : Rainbow Andi Publisher
Harga : Rp 79.000
Pemesanan : wa 085695394235 atau langsung ke Andi Publisher 

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...