Tuesday, 20 March 2018

Ulasan Buku: Gadis Kaya yang Sombong dan Cerita-cerita Lain (Enid Blyton)


Kitty adalah seorang gadis cilik yang beruntung. Dia lahir pada keluarga kaya raya. Namun, sayangnya Kitty memiliki sifat sombong. Dia suka sekali pamer.

Ayah dan ibu Kitty sudah sering mengingatkan Kitty untuk tidak bersikap sombong. Kitty tidak hiraukan. Pekerjaannya setiap hari tiada yang lain selain pamer pada temannya.
Suatu hari Kitty benar-benar bersikap keterlaluan. Dia mengundang temannya Janet, gadis miskin teman sekolahnya untuk memamerkan mantel dan baru yang dibelikan ayahnya. 

Sebelum pergi, Ibu Kitty sudah berpesan untuk memakai baju lama saja. Setelah ibunya pergi Kitty berganti baju dan mantel baru serta memakai kalung yang indah. Janet datang dengan pakai bersih namun bertambal.

Selama Janet di rumahnya, Kitty terus saja bersikap sombong dengan memamerkan barang-barang miliknya. Ayah Kitty yang tiba-tiba datang mengetahui perilaku Kitty hingga marah besar.

Ayah Kitty merasa malu memiliki anak yang sombong. Sebagai hukuman, ayah Kitty menyuruh Kitty dan Janet bertukar pakaian. Mantel dan baju baru serta kalung indah milik Kitty boleh dibawa pulang oleh Janet. Janet merasa sangat bahagia, sedangkan Kitty menangis dan menyesali perbuatannya. Ayah Kitty berkata, "Pakaian yang bagus tidak bisa membuat orang menjadi baik."

Yang dialami Kitty memang seharusnya terjadi, supaya dia menjadi jera dan tidak sombong lagi.

Kisah Kitty ini berjudul “Gadis Kaya yang Sombong.” Judul ini juga menjadi judul kumpulan cerita buku ini, "Gadis Kaya yang Sombong dan Cerita-cerita Lain." Karakter Kitty mewakili karakter anak yang ada di sekitar kita. Mungkin ada anak, keponakan, atau tetangga yang seperti Kitty. Anak seperti Kitty itu lama-lama pasti akan ditinggalkan oleh teman mereka. Jadi, sebaiknya segera beri tahu untuk mengubah sifatnya, sebelum menyesal.

Cerita dalam buku ini ditulis lebih dari 60 tahun yang lalu. Namun, pesan moral yang terselip dalam setiap cerita masih relevan untuk kehidupan pada masa kini. Karakter positif yang menjadi pesan moral dalam setiap cerita yang ada dalam buku ini tidak tergerus oleh zaman dan tidak terpengaruh oleh kecanggihan teknologi. Sungguh sebuah buku kumpulan cerita anak yang patut diwariskan pada generasi selanjutnya.

Buku ini baik dibaca oleh anak-anak, namun perlu juga pendampingan orangtua supaya pesan yang ingin disampaikan dalam cerita bisa dipetik oleh anak. Baik sekali jika anak dan orangtua dapat membaca bersama cerita dalam buku ini, kemudian mendiskusikan pesan moral yang ada dalam cerita yang dibaca.

Bersama buku ini, ada 7 buku kumpulan cerita Enid Blyton lainnya. Buku ini bisa dibaca oleh semua usia, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa. Pesan moral  yang tersisip dalam setiap cerita juga bisa diteladani oleh semua usia. Bisa dikatakan buku ini buku sepanjang masa dan sepanjang usia.


Judul: Gadis Kaya yang Sombong dan Cerita-cerita Lain
Penulis: Enid Blyton
Penerbit: Gramedia
Cetakan: 16, September 2017

No comments:

Post a Comment

Buku Paskalina Askalin 2012: Seri Anak Rajin Bersih-bersih Bersama di Sekolah

Bulan Agustus 2018 ini saya ingin memperkenalkan karya-karya buku saya yang pernah diterbitkan. Judul: Seri Anak Rajin: Bersih-bersih Bers...