Thursday, 28 June 2018

Catatan Paskalina: Waktu yang Tepat untuk Menulis

Waktu yang Tepat untuk Menulis
Di usianya yang menginjak 3,5 tahun, terus terang saya semakin kehilangan waktu untuk menulis. Kenan, anak saya, selalu meminta perhatian saya. Saya tidak bisa menolak permintaannya. Walau kadang-kadang saya terpaksa harus marah dan memintanya untuk mengerti jika saya benar-benar perlu waktu untuk menulis (bekerja).

Saya sadar betul jika marah padanya dan memintanya mengerti adalah KEBODOHAN  saya. Di usia emasnya, Kenan membutuhkan saya selalu dekat dengan, selalu menemaninya setiap saat, pokoknya selalu ada untuknya.

Lalu kapan saya bisa menulis? Kapan saja ketika dia bermain bersama neneknya, ketika dia bersama ayahnya, dan ketika dia tertidur, itulah saat yang tepat untuk menulis. Saat-saat seperti itu kadang sulit juga saya dapatkan karena Kenan selalu ingin dengan saya. Makan dengan saya, mandi dengan daya, yang membuat susu saya juga, semuanya dengan saya, karena saya Bundanya wajarlah jika dia selalu menuntut saya ada selalu bersamanya.

Malam hari, tepatnya tengah malam, itu saat yang tepat untuk menulis. Tetapi rasa lelah setelah seharian bersamanya membuat saya tidak bisa bertahan dari kantuk. Akhirnya saya tidak bisa menulis di tengah malam. Hanya sesekali akhirnya saya bertahan, itu pun karena deadline mengejar.

Saya ingin menulis, tetapi saya tak bisa membiarkannya sendirian. Saya harus kembali pada niat saya, saya berhenti menjadi karyawan demi dia, saya tidak ingin melewatkan waktu sedikitpun darinya. Kenan adalah hidup saya, Kenan adalah napas saya.

Bulan Juli 2018 ini saya punya target menyelesaikan 4 buku pengayaan. Bulan Agustus 2018 targetnya 3 buku bergambar (PAUD). Masih ada juga naskah buku aktivitas yang belum rampung, kurang 40 halaman sekitar 5 tema. Setiap hari setiap saat, Kenan selalu bersama saya. Lalu, lalu, kapan saya menyelesaikan tulisan saya???

Menulis tetap saya kerjakan dan lakukan, setiap saat setiap waktu, kapan pun itu. Yang penting tidak membuat Kenan sendirian, tidak mengacuhkan Kenan, tetap bisa bermain bersama Kenan. Walaupun hanya sekata dua kata, saya akan tetap menulis di catatan gawai ataupun catatan tulisan tangan.

JADI, WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENULIS ADALAH KAPAN PUN DI SAAT YANG TEPAT.
- Paskalina Askalin -

No comments:

Post a Comment

Buku Paskalina Askalin 2012: Seri Anak Rajin Bersih-bersih Bersama di Sekolah

Judul: Seri Anak Rajin: Bersih-bersih Bersama di Sekolah Penulis: Askalin Penerbit : Nyo-nyo (imprint Penerbit Andi) Harga :  Tahun: 20...