Saturday, 16 June 2018

Jangan Sampai Kehabisan Stok Sabar

Jangan Sampai Kehabisan Stok Sabar
Siapa pun kita, apapun status sosial kita, apapun pekerjaan kita, bagaimana pun kehidupan kita, kita harus mempunyai stok sabar yang cukup. SABAR bisa mewujudkan keinginan kita, SABAR bisa menjaga diri kita, SABAR juga bisa membahagiakan, SABAR bisa mempersatukan.

KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA LURING mengartikan kata sabar dalam banyak arti, di antaranya

- tahan menghadapi cobaan
- tidak lekas marah
- tidak lekas putus asa
- tidak lekas patah hati
- tenang
- tidak tergesa-gesa
- tidak terburu nafsu

Saya akan mencoba menjabarkan arti sabar di atas ke dalam contoh yang pernah saya alami.

TAHAN MENGHADAPI COBAAN
Cobaan bisa datang dari mana saja, cobaan bagi orangtua bisa datang dari anak yang nakal. Bagi karyawan, cobaan bisa datang dari fitnah teman sekantor, cobaan bagi penjual adalah tidak laku barang yang dijual.

TIDAK LEKAS MARAH
Dalam kondisi apapun kita harus sabar dengan menahan diri tidak marah. Dengan demikian, bisa menghalau kita dari masalah atau kebencian pihak lain. Jika kita lekas marah, bisa-bisa menyebabkan orang yang dimarahi dendam sehingga membalas kita dengan kekerasan.
Maka bersabarlah, tidak lekas marah.

TIDAK LEKAS PUTUS ASA
Jika kita punya stok sabar yang banyak, kita jadi tidak mudah putus asa. Masalah apapun dihadapi dengan sabar. Gagal usaha tetap sabar. Nilai rapor anjlok, tetap sabar. Naskah ditolak penerbit, tetap sabar dan cari penerbit lain.

TIDAK LEKAS PATAH HATI
Saat hasil karya kita tidak mendapat pujian dari bos, tetap sabar, jangan patah hati. Saat ayah dan ibu memberikan hadiah laptop baru untuk kakak, adik harus tetap sabar jangan patah hati.

TENANG
Orang sabar itu tenang. Ada masalah rumit menghadang pun tetap tenang. Gagal dalam berbisnis pun tetap terlihat tenang.

TIDAK TERGESA-GESA
Orang sabar pasti tidak tergesa. Dalam berlalu lintas, banyak sekali orang tidak sabar melewati jalan memutar sehingga memilih menabrak arus. Padalah perbuatan demikian itu membahayakan keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain.

TIDAK TERBURU NAFSU
Sabar menunggu waktu berbuka, adalah salah satu contoh tidak terburu nafsu. Lihat makanan enak dan minuman segar rasanya bernafsu untuk mencicipi yang akhirnya membatalkan puasa.
Contoh lainnya, kaca spion mobil atau motor pecah karena tertabrak pengendara lain. Jika terjadi hal demikian, jangan terburu nafsu, bersabarlah. Dengan sabar segala persoalan bisa terselesaikan dengan baik.

Uraian saya di atas hanya sekadar contoh kecil. Contoh besarnya ada di tangan Anda sendiri. Yuk bersabar! Jangan habiskan rasa sabar Anda!

No comments:

Post a Comment

Momwriter: Anakku Lanang (1)

"Ayo Bunda. Bunda yang temenin," begitu katanya. Sambil menenteng dummy naskah saya pun mengikutinya ke luar. Dia bermain saya, m...