Friday, 1 June 2018

Membuat Outline Sebelum Menulis

Outline Oh Outline

Ketika sedang bersih-bersih fail di laptop saya menemukan outline naskah buku yang saya buat 10 bulan yang lalu. Menemukan outline itu bagi saya serasa menemukan harta karun. Saat saya baca ulang, wah bagus juga outline yang saya buat ini dan layak untuk saya teruskan.

Dari beberapa sharing penulisan yang saya ikuti dari penulis-penulis senior, hal penting dalam proses penulisan adalah membuat outline. Outline akan mengarah saya untuk menulis secara runtut.

Dalam proses penulisan naskah, setelah saya mendapatkan tema yang akan ditulis saya jabarkan dalam outline. Bagi saya outline sama dengan daftar isi buku yang akan ditulis.

Saya ingat dulu dalam pelajaran Bahasa Indonesia ada materi kerangka karangan. Nah, outline ini juga sama dengan kerangka karangan itu.

Dengan adanya outline ini saya bisa terbantu dalam proses menulis. Beberapa waktu lalu saya menulis naskah buku aktivitas anak dengan target halaman 90 halaman. Outline yang saya tulis hanya selembar kertas berisi kisi-kisi materi untuk 90 halaman itu. Outline saya buat dengan tulisan tangan yang mungkin hanya saya pahami sendiri.

Tidak ada aturan paten bagaimana membuat outline yang baik. Karena menurut saya setiap penulis mempunyai gaya menulis masing-masing dan pasti mempunyai cara sendiri untuk membuat outline.
Dua hari ini saya membuat outline buku berjudul (rencana) 100 Aktivitas Anak Melejitkan Kecerdasan. Saya merinci 100 aktivitas dengan membaginya menjadi beberapa tema besar. Buku ini berisi catatan aktivitas saya bersama anak saya. Mungkin nantinya saya akan dapatkan lebih dari 100 aktivitas. Hal itu tidak menjadi masalah. Adanya outline bukan berarti tidak boleh menambah materi misalnya rencana 100 aktivitas, jika akhirnya saya mendapatkan 150 aktivitas, saya akan menulis 150 aktivitas.



TIP MENULIS PASKALINA ASKALIN
1. Pilih tema.
2. Jabarkan dalam outline.
3. Kumpulkan bahan (buku, pengalaman, wawancara, dll).
4. Mulailah menulis.
5. Mengedit sendiri hasil tulisan.
6. Meminta orang lain untuk membaca hasil tulisan.
7. Kirim ke penerbit.

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...