Saturday, 2 June 2018

Menulis yang Paling Gampang

Menulis yang paling gampang adalah menulis tentang diri sendiri.
-Paskalina Askalin-



Diri sendiri adalah sumber ide yang paling gampang untuk ditulis. Dengan menjadikan diri sendiri sebagai objek, bukan berarti penulis membeberkan seluruh hidupnya dalam tulisan.

Ada banyak bagian dalam diri kita yang bisa digali menjadi sebuah tulisan. Dari beberapa buku yang pernah saya tulis, beberapa di antaranya adalah bersumber dari diri saya sendiri.

Buku Asyiknya Menulis Resensi salah satunya. Buku ini saya tulis berdasarkan pengalaman menulis resensi yang sering saya lakukan dulu. Menulis sebuah tema yang sering dilakukan dan disukai itu menjadi sangat mudah. Proses menulis terlaksana dengan lancar dan pengumpulan materi pun tidak sulit dilakukan. Buku ini terbit tahun 2010.

Buku Seri Anak Rajin: Yuk Bersih-bersih Bersama di Sekolah, diterbitkan oleh Penerbit Andi tahun 2012, juga merupakan hasil dari pengalaman sendiri. Pengalaman masa kecil ketika duduk di bangku SD menjadi ide utama buku ini.

Masih banyak lagi buku yang saya tulis berdasarkan diri sendiri. Bagi saya lebih mudah jika menulis didasarkan pada apa yang kita lihat, kita alami, dan dekat dengan diri kita sendiri. Hal berbeda ketika kita menulis sesuatu yang bersifat imajinatif, kita memang tidak perlu mengalaminya terlebih dahulu.
Setiap penulis punya gaya, setiap penulis punya cara mencari ide tulisan. Jadi, pengalaman saya mungkin berbeda dengan penulis lain.

Saya memang banyak menulis buku berdasarkan pengalaman sendiri, tetapi banyak juga buku yang saya tulis berdasarkan pesanan.

Bagi Anda yang kesulitan memulai menulis, tulislah tentang dirimu sendiri. Bentuk tulisan bisa berupa panduan hidup sehat, novel, motivasi, dan sebagainya. Media tulisannya juga tidak harus buku. Website atau blog bisa menjadi media bagi kita belajar menulis.

No comments:

Post a Comment

Sepuluh Fakta tentang Mudik Lebaran

Sepuluh Fakta tentang Mudik Lebaran (1) Orang akan berbondong-bondong mudik ketika hari mudik raya Idulfitri atau Lebaran. (2) Tiga b...