Friday, 15 June 2018

Proses Penulisan Buku Aktivitas Hingga Terbit

Proses Penulisan Buku Aktivitas Hingga Terbit

1. Penawaran Ide pada Editor Penerbit
Saya membuat beberapa ide buku sekaligus penjelasan singkat bukunya. Kemudian dikirim ke editor untuk meminta pencerahan alias persetujuan, kira-kira dari beberapa ide buku yang diajukan adakah yang diminati penerbit.
Jika editor sudah memberikan jawaban, proses menulis dimulai.

2. Mengirim Naskah pada Editor Penerbit
Editor sudah meng-ACC ide naskah, apakah naskah pasti diterima? Belum tentu. Adakalanya penulis harus merevisi atau menambah dan adakalanya langsung di-ACC.

3. Mencari Ilustrator dan Proses Menggambar
Diandaikan saja naskah penulis sudah di-ACC Editor. Langkah selanjutnya adalah mencari ilustrator. Saya bisa mencari ilustrator, bisa pula penulis menyerahkan pada Editor.

Sistem pembayaran honor ilustrator pun beragam, ada yang menggunakan sistem royalti dan dibayar putus. Kalau pakai sistem royalti, berarti keseluruhan royalti buku dibagi dua dengan penulis. Penulis bisa juga langsung membeli gambar dari ilustrator, lalu royalti penulis tidak dibagi dua. Dalam proses pencarian ilustrator ini yang utama adalah Editor Penerbit menyetujui karakter gambar yang dibuat ilustrator. Untuk masalah honor, fleksibel bisa tergantung negosiasi dengan ilustrator.

4. Menyerahkan Naskah dan Gambar pada Editor Penerbit
Setelah ilustrator menyelesaikan gambar, penulis menyerahkan naskah sekaligus gambar pada Editor. Dalam proses ini, jika bisa penulis dapat melayout naskah dan gambar, jika tidak bisa, akan dilakukan oleh penerbit.

5. Pengecekan Dummy atau Naskah PDF Siap Cetak
Proses ini mungkin memakan waktu lama, tergantung banyaknya pekerjaan Editor. Penulis harus sabar untuk menunggu proses bukunya naik cetak. Sebelum buku naik cetak, Editor akan mengirimkan Surat Perjanjian Penerbitan untuk ditandatangani dan Dummy atay PDF naskah untuk cek akhir sebelum naik cetak.

6. Buku Sudah Terbit
Setelah proses yang panjang, hati penulis pasti akan senang jika menerima kabar bukunya terbit. Lama waktu mulai dari naskah di-ACC hingga naskah menjadi buku dan terbit sekitar 3-6 bulan. Bisa lebih cepat dan bisa lebih lama, tergantung kerumitan bukunya.
Uraian di atas adalah proses penulisan buku aktivitas hingga terbitnya buku sesuai dengan pengalaman saya. Semoga tulisan yang saya bagikan ini berguna untuk pembaca sekalian. Jika ada yang ditanyakan bisa menghubungi saya di email paskalinaaskalin@gmail.com. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

Buku Paskalina Askalin 2012: Seri Anak Rajin Bersih-bersih Bersama di Sekolah

Judul: Seri Anak Rajin: Bersih-bersih Bersama di Sekolah Penulis: Askalin Penerbit : Nyo-nyo (imprint Penerbit Andi) Harga :  Tahun: 20...