Thursday, 14 June 2018

Tip Perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi dengan Kereta Pulang-Pergi pada Hari yang Sama

Tip Perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi dengan Kereta Pulang-Pergi pada Hari yang Sama

Tanggal 12 Juni 2018 saya sudah mencoba perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi dengan kereta pulang pergi pada hari yang sama. Cek tulisan saya sebelumnya Sebuah Perjalanan: Naik Kereta dari Jakarta ke Sukabumi.

Pertama yang perlu diketahui adalah ada dua jenis kereta yang ditumpangi, pertama kereta KRL (comuter line) atau kereta listrik dan kedua kereta bertiket. Untuk KRL kita tidak perlu memesan tiket terlebih dahulu, sedangkan untuk kereta bertiket harus memesan tiket. Jadi rute yang akan ditempuh adalah Jakarta - Bogor dengan KRL dan Bogor - Sukabumi dengan kereta api bertiket.

Berikut ini sedikit tip jika ingin melakukan perjalanan dari Jakarta ke sukabumi dengan transportasi kereta.

1.   Cek jadwal keberangkatan kereta dari Bogor - Sukabumi dan sebaliknya.
Berikut ini jadwal keberangkatan kereta per 14 Juni 2018.

Bogor - Sukabumi
Berangkat pukul 07.50 - tiba pukul 09.54
Berangkat pukul 13.10- tiba pukul 15.13
Berangkat pukul 18.30 - tiba pukul 20.36

Sukabumi - Bogor
Berangkat pukul 05.15 - tiba pukul 07.18
Berangkat pukul 10.25 - tiba pukul 12.28
Berangkat pukul 15.45 - tiba pukul 17.48

Harga tiket ekonomi Rp 25.000
Harga tiket eksekutif Rp 60.000

Anda bisa memilih waktu yang tepat sesuai keperluan. Ketika kemarin saya ke Sukabumi saya pilih kereta pertama dari Bogor 07.50 dan pulangnya kereta terakhir 15.45 dari Stasiun Sukabumi.

2. Setelah memilih jadwal keberangkatan kereta dari Bogor, Anda harus memastikan bisa sampai di Stasiun Bogor kurang lebih 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Misalnya, jika memilih kereta Bogor - Sukabumi pukul 07.50, harus sampai Bogor pukul 07 (paling telat). Anda bisa memilih naik KRL jam 6 pagi (paling telat)  dari Stasiun Cawang menuju Stasiun Bogor, karena waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Jika Anda naik KRL dari stasiun lain Anda harus bisa membuat waktu estimasi sendiri.

3. Perlu Anda ketahui jika Stasiun Bogor untuk KRL berbeda dengan stasiun keberangkatan kereta menuju sukabumi. Stasiun kereta untuk keberangkatan ke Sukabumi berada di Stasiun Bogor Paledang. Stasiun ini terletak sekitar 1,5 km dari stasiun KRL. Bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 5-10 menit.

4. Anda perlu menyiapkan stamina sebelum melakukan perjalanan. Stamina Anda bisa terkuras ketika naik kereta KRL mungkin Anda harus berdiri karena kepadatan penumpang.

5. Ketika tiba di Sukabumi, Anda bisa memilih transportasi angkot atau taksi online. Saran saya, naiklah angkot atau taksi online jauh dari deretan pasar atau ruko, karena untuk menghindari terjebak kemacetan.

Demikian sedikit tip dari saya, semoga perjalanan yang Anda rencanakan berjalan lancar.

No comments:

Post a Comment

Resensi Buku: Belajar Menulis Buku Anak

Judul: Belajar Menulis Cerita Anak Penulis: Arleen A. Penerbit: Erlangga for Kids Tahun: 2018 Tebal: 96 halaman Dalam sebuah pelati...