Thursday, 18 October 2018

Resensi Buku: Anak dalam Cermin dan Cerita-cerita Lain

Judul: Anak dalam Cermin dan Cerita-cerita Lain
Penulis: Enid Blyton
Terbit: 2017, cetakan keempat belas
Penerbit: Gramedia

Setiap kali membaca karya-karya Enid Blyton saya selalu terkagum-kagum dengan pesan moral yang terkandung dalam setiap ceritanya. Pesan moral yang tersirat dan tersurat dalam cerita sangat pas untuk anak-anak masa kini. Padahal Enid Blyton menulis ceritanya tahun 1950 dan sekarang tahun 2018. Luar biasa!

Dalam buku Anak dalam Cermin dan Cerita-cerita Lain terdapat 8 cerita, di antaranya "Kue Kismis Bu Topple", "Dolly Pembuang Waktu", " Kesalahan Teddy", "Karena Malas", " Anak yang Terbelakang", "Gara-gara Jinky", dan "Kalau Suka Berbohong". Dari judul-judul ceritanya tampak jelas, ada pesan yang tersurat dan ada pesan yang tersirat.

Dalam cerita "Anak dalam Cermin" terdapat pesan tersirat supaya anak mau meminjamkan mainan pada temannya. Cerita ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Ronnie yang selalu melarang teman-temannya memegang mainannya ketika datang ke rumah. Hal ini membuat Ronnie tidak disukai oleh teman-teman. Hingga pada suatu hari ketika Ronnie sedang berada di depan cermin di kamar ibunya, dia melihat sebuah kamar mirip kamarnya ada di dalam cermin. Keajaiban terjadi Ronnie masuk ke dalam cermin.

Di dalam cermin Ronnie melihat anak yang mirip dirinya dan ada mainan-mainan bagus mirip dengan miliknya. Ketika Ronnie hendak memegang salah satu mainan, anak yang mirip Ronnie itu marah dan melarang Ronnie memegang mainannya. Ronnie tidak suka pada anak itu.

Ketika Ronnie memegang mainan yang lain, anak itu marah dan melarang Ronnie lagi. Hingga akhirnya Ronnie keluar dari cermin. Ketika ibunya masuk kamar, Ronnie marah-marah pada anak dalam cermin yang sebenarnya adalah dirinya sendirinya. Ibu Ronnie mengingatkan Ronnie, jika orang lain juga tidak suka dengan sikap Ronnie yang selalu marah-marah pada teman yang memegang mainannya. Akhirnya Ronnie sadar jika perbuatannya selama ini salah.

Kisah Ronnie ini juga pasti banyak terjadi pada anak di masa kini. Anak-anak perlu diberikan nasihat bahwa berbagi mainan, meminjamkan mainan pada teman adalah perbuatan terpuji. Nasihat langsung tentu tidak mudah diterima oleh anak. Melalui cerita "Anak dalam Cermin" kita tidak perlu menjelaskan panjang lebar, bacakan cerita ini pada anak, dan biarkan anak yang menemukan pesan moralnya.

Ayo bacakan cerita berkarakter untuk anak-anak kita! Buku-buku karya Enid Blyton bisa menjadi salah satu pilihan.

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...