Friday, 19 October 2018

Resensi Buku: Modo Tak Mau Menari

Judul: Modo Tak Mau Menari
Penulis: Sofie Dewayani
Penerbit: KPK RI
Tahun: 2016

Buku Modo Tak Mau Menari adalah satu dari sekian banyak buku seri Si Kumbi yang diterbitkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia.

Sebagai seorang penulis yang ketika itu mengikuti workshop menulis buku anak antikorupsi sungguh sangat beruntung bisa mendapatkan beberapa buku seri Si Kumbi, salah satunya buku Modo Tak Mau Menari.

Modo Tak Mau Menari berkisah tentang perjalanan Kumbi ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Di NTT Kumbi melihat teman-temannya menari dengan alat bambu dan diiringi musik.

Kumbi mencoba tarian itu dengan penuh semangat, hingga berkeringat.  Nama tariannya Rangkuk Alu.

Ketika Kumbi selesai menari, Kumbi melihat seseorang duduk di bawah pohon. Ternyata itu adalah Modo. Ketika ditanya oleh Kumbi, Modo mengaku sakit gigi sehingga tidak ikut bermain Rangkuk Alu.
Kumbi menceritakan pada teman-temannya jika Modo sakit gigi. Teman-teman Kumbi dan Modo lalu menawarkan obat yang mujarab untuk sakit gigi. Semua mengatakan obatnya paling mujarab, sehingga membuat Modo berteriak sehingga semua teman-temannya diam.

Modo lalu mengaku jika sebenarnya dia tidak sakit gigi. Modo mengaku sakit gigi supaya tidak perlu bermain Rangkuk Alu. Modo takut teman-teman meninggalkannya karena dia tidak bisa bermain Rangkuk Alu.

Ketidakjujuran yang dilakukan Modo banyak dilakukan oleh anak-anak kita. Karena takut pada sesuatu hal, menyebabkannya berkata tidak jujur. Padahal sebenarnya jika berkata jujur, ketakutan itu tidak terbukti. Seperti halnya teman-teman Modo dan Kumbi. Meskipun Modo tidak bisa bermain Rangkuk Alu, teman-teman Modo tetap mau bermain dengan Modo.

Buku cerita bergambar ini sangat pas dibacakan atau didongengkan untuk anak usia dini. Dengan cerita sederhana dan tampilan gambar yang berwarna cerah, anak-anak akan tertarik untuk dibacakan buku ini.

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...