Wednesday, 3 October 2018

Resensi Buku: Tuta Ingin Rumah Baru dan 7 Kisah Hewan Bermakna Lainnya

Judul: Tuta Ingin Rumah Baru dan 7 Kisah Hewan Bermakna Lainnya
Penulis: Renny Yaniar
Penerbit: Gramedia
Tahun: 2018
Tebal: 128 halaman
Harga: Rp 120.000

"Itu buku buat Kenan, Bun" kata anak lanang ketika buku Tuta Ingin Rumah Baru dan 7 Kisah Hewan Bermakna Lainnya ini sampai. Buku ini memang saya beli untuk anak lanang, dan juga buat saya baca tentunya.

Buku ini berisi delapan kisah hewan. Saya sudah membacakan semua kisah dalam buku ini untuk anak saya sebagai pengantar tidur. Kisah pertama menjadi judul utama buku ini. Tokohnya adalah Tuta si kura-kura  yang ingin mempunyai rumah baru. 

Tuta iri pada hewan lain yang punya rumah/sarang. Tuta juga iri pada manusia yang mempunyai rumah yang indah. Akhirnya keresahan Tuta ingin punya rumah baru berakhir. Guguk, teman Tuta meminjamkan rumah lamanya untuk dipakai Tuta.  Tuta melepas tempurungnya dan menggantinya dengan rumah Guguk. Bukan pujian yang diterima Tuta, hewan lain malah mencibirnya dan memandang aneh pada Tuta. Tuta tak peduli dengan omongan hewan lain. Namun, ketika ada kucing liar yang hendak menyerangnya, Tuta sadar jika tempurungnya adalah rumah terbaik baginya. Dengan rumah baru Tuta tidak bisa melindungi dirinya dari serangan kucing liar, sedangkan tempurungnya bisa melindungi dirinya dari serangan kucing liar. Akhirnya Tuta memakai lagi tempurungnya.

Kisah pertama saja sudah seru, masih ada 7 kisah lainnya dengan tokoh-tokoh hewan yang unik. Ada kodok yang ingin berambut gondrong, kuda yang mempunyai anak kambing, keluarga jerapah, kisah lima monyet, ikan-ikan penari, kisah tokek, dan kisah berang-berang yang takut berenang. Pokoknya jangan lewatkan buku ini, anak-anak pasti suka, Kenan aja suka. 

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...