Thursday, 28 February 2019

Cerita Bunda Kenan: Kreatif Bersama Cap Tangan


Sudah sejak lama Kenan saya perkenalkan dengan cat akrilik, hanya untuk sekadar corat coret cat dan belajar warna. Setiap kali Kenan main cat, saya selalu bertanya padanya, ini warna apa, itu warna apa, atau kadang saya memintanya menyebutkan semua warna yang ada.

Pada kegiatan bermain cat, sebagai ibu saya berusaha mengambil semua manfaat yang bisa diambil oleh Kenan. Saya pikir, berantakan yang disebabkan oleh cat air harus sebanding dengan yang Kenan dapatkan, maksudnya Kenan harus bisa belajar banyak hal dari corat-coret cat ini. Sayang sekali, jika kreativitasnya dibiarkan begitu saja, tanpa pendampingan dari saya atau lainnya.



Hari ini Kenan kembali bermain cat akrilik. Dibantu oleh Uti (Mama saya) semua alat dipersiapkan dan mulailah Kenan corat-coret kuas cat. Tiba-tiba muncul ide dari Kenan, mau main cap tangan dengan tangan. Haduh.. Ide ini sebenarnya pernah terpikir di otak saya, tetapi belum saya realisasikan. Pikir saya menunggu Kenan lebih besar lagi. Ternyata saya tidak sadar (hahaha)Kenan sudah besar, sudah bisa mengusulkan kegiatan yang pernah melintas di kepala saya.



Cap tangan dengan cat pun dilakukan. Sebuah piring plastik kecil disiapkan untuk tempat cat. Tangan Kenan pun mulai ditempelkan pada cat akrilik di piring, lalu dicap pada kertas gambar. Begitu seterusnya hingga beberapa kali. Hasilnya tentu berantakan,  tetapi Kenan senang. Dan yang pasti, Kenan belajar banyak sekali.




Apa yang diperoleh Kenan dari kegiatan ini? Berikut ini beberapa hal yang saya catat tentang manfaat bermain cat akrilik untuk anak batita atau balita.
1. Belajar warna
2. Melatih motorik (memegang kuas, mengecap tangan, dan sebagainya)
3. Merangsang kreativitas (mencorat-coret sesuka hati)
4. Tidak takut kotor (selesai mengecap tangan, langsung cuci tangan sendiri)
5. Melatih imajinasi 
6. dsb.

Selain yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi yang bisa Kenan pelajari dari kegiatan bermain dengan cat dan mengecap tangan.


No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...