Tidak Ada Doa yang Sempurna - Iman Katolik


Segala pemberian Tuhan itu adalah anugerah. Hujan adalah anugerah. Tuhan tahu yang penting dan terbaik untuk manusia. Bahkan ketika bencana datang pun, ada anugerah yang terselip di antara duka.

Tuhan menganugerahi kita napas untuk hidup secara gratis, maka kita patut bersyukur setiap hari. Meski tempaan masalah datang bertubi-tubi tetaplah bersyukur dengan kesempatan hidup yang diberikan Tuhan.

Berdoa
Doa adalah komunikasi kita dengam Tuhan, Sang Pencipta. Setiap orang memiliki cara berdoa yang berbeda-beda sesuai dengan agama dan kepercayaan kita. Dengan berbagai cara, tetapi intinya adalah komunikasi dengan Sang Pencipta.

Setiap kali kita berdoa, dalam doa kita sederet permintaan kita ungkapkan sehingga kadang lupa dengan ucapan rasa syukur dan terima kasih. Baik sekali jika dalam doa kita, ucapkan syukur dan terima kasih terlebih dahulu baru kemudian kita menyebutkan permohonan kita.

Tuham tahu kebutuhan kita, Tuhan paling tahu yang terbaik untuk kita. Dalam doa, senantiasa kita meminta dan memohon ini dan itu pada Tuhan. Tetapi yang kita minta tidak kunjung datang. Apa doa kita tidak dikabulkan Tuhan?

Jangan salahkan Tuhan atas tidak terkabulnya doamu. Tuhan punya cara dan waktu yang tepat untuk mengabulkan doamu. Pernah dengar kan ungkapan "Kehendak Tuhan indah pada waktunya." Kesabaran kita, usaha kita, dan doa kita adalah jalan menuju terkabulkan doa.

Beberapa kali saya merasakan dan menikmati bahwa doa saya dikabulkan, tetap pada waktunya. Ketetapan Tuhan itu pasti indah. Jadi, jangan buru-buru mengatakan Tuhan tidak mengabulkan doamu. Karena Tuhan tahu yang terbaik untukmu.



Sebuah ilustrasi, seorang remaja berdoa pada Tuhan:
Tuhan berikan aku nilai yang baik untuk ujianku besok. Maafkan aku Tuhan, aku tidak sempat belajar hari ini. Tuhan berikan keajaibanMU.
Sebuah doa yang manis sekali, tetapi pasti tidak akan dikabulkan Tuhan. Tuhan tidak akan mengabulkan doa anak yang malas belajar. Doa permohonan harus disertai dengan usaha, jika ingin dikabulkan.

Banyak doa yang terucap seperti ilustrasi di atas, bahkan kita pun yang orang dewasa sering meminta mukjizat dari Tuhan tanpa mau berusaha dan bekerja. Doa yang sungguh adalah doa yang diucapkan sepenuh hati disertai dengan usaha dan pengorbanan.

Tidak ada doa yang sempurna, itu pasti. Karenanya, bagi mereka yang seiman dengan saya (Katolik) sempurnakan doamu dengan Doa Bapa Kami.

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...