Sunday, 22 October 2017

Keramaian Pagi di Banjir Kanal Timur Duren Sawit

Keramaian BKT di Minggu pagi.

Pada hari Minggu pagi, Banjir Kanal Timur Duren Sawit, Jakarta Timur, berubah menjadi pasar rakyat dan hiburan murah untuk warga Jakarta Timur dan sekitarnya. Orang berbondong-bondong menuju ke BKT untuk sekadar jalan-jalan pagi, membeli sarapan pagi, membeli barang kebutuhan, atau sekadar menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pagi ini kami pergi ke BKT, tepatnya di belakang Kampus Darma Persada, Duren Sawit. Jam 8 pagi tiba di sana, suasana ramai sekali, motor kesulitan berjalan cepat. Laju kendaraan bercampur dengan lalu-lalang orang dengan segala aktivitasnya. Belum lagi kereta mini yang hilir mudik juga menambah kepadatan jalanan pinggiran BKT itu.

Suasana BKT di belakang Kampus Darma Persada.


Tujuan utama kami ke BKT adalah untuk memenuhi keinginan Kenan untuk naik kuda. Kenan sudah beberapa kali naik delman, namun belum sekalipun naik kuda.

Ada sekitar 5 kuda dan jokinya yang siap mendampingi anak-anak menyusuri jalan di salah satu sudut BKT dengan membayar Rp 10.000. Kuda yang digunakan berukuran kecil sehingga aman untuk anak-anak.


Kenan menunggang kuda untuk pertama kalinya.

Tidak hanya Kenan yang berminat naik kuda, anak-anak lain pun antusias untuk naik kuda. Kenan harus antre beberapa saat. Tiba giliran Kenan naik kuda, tidak ada rasa takut sedikitpun di wajahnya. Dengan berani Kenan menunggang kuda ditemani jokinya.

Selain hiburan menunggang kuda, di BKT, anak-anak dan orang dewasa juga bisa naik delman dan kereta mini. Dengan biaya Rp 5.000 per orang, kita bisa menyusuri BKT dan menikmati pemandangannya yang hijau. Hiburan murah bagi anak-anak dan keluarga.

Kereta mini.


Kenan naik odong-odong.

Bagi anak balita, ada juga permainan naik mobil-mobilan yang berputar di tempat. Permainan ini sering disebut odong-odong. Dengan membayar Rp 5.000, anak-anak bisa naik mobil berputar itu selama 15 menit.

BKT juga bisa disebut pasar rakyat, karena kita bisa mendapatkan aneka barang kebutuhan dengan harga murah. Barang-barang yang dijual seperti baju, hijab, sepatu, sandal, asesori, mainan anak, dan sebagainya. Aneka jenis makanan juga tersedia, mulai dari makanan tradisional seperti kerak telor, kue rangi, kue pukis, gudeg, hingga jajanan ala internasional seperti supa sup, burger, dan hotdog.

Penjual baju di BKT.


Penjual kerak telor.

Uraian saya di atas menggambarkan suasana BKT di belakang Kampus Darma Persada, dengan panjang sekitar 3 km. Sisi BKT lainnya pasti memiliki daya tarik berbeda. Sisi BKT lain menawarkan tempat jogging, jalan khusus  bersepeda, dan tempat berolah raga. 

No comments:

Post a Comment

Buku Baru: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD

Judul: Super Melejitkan Kecerdasan Anak PAUD Penulis: Paskalina Askalin Penerbit: Elex Media Komputindo Terbit: Mei, 2019 Tebal: 10...